Meriahnya Peringatan Hari Pahlawan di Kampung Mosso

oleh -

MUARA TAMI – Masih dalam rangkaian menyambut peringatan Hari Pahlawan ke-74 TH Kemerdekaan Republik Indonesia, Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri 713/ST menggelar berbagai macam perlombaan untuk masyarakat di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Jayapura, Sabtu (16/11/2019).

Kemeriahan yang digelar dilapangan halaman Pos Mosso Satgas Yonif 713/ST, Kampung Mosso Distrik Muara Tami, Jayapura ini diisi dengan berbagai macam perlombaan anak anak digelar, seperti lomba balap Kelereng,
memasukan pensil dalam botol, goyang balon, balap Bakiak, pembagian hadiah. Peringatan hari pahlawan ini juga dimeriahkan dengan macam hiburan lantunan musik daerah juga foto bersama masyarakat di Pos Mosso.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand S.H.,M.Tr.Han.,M.I.Pol. menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) yang cukup jauh dari keramaian.

“Pos Mosso Satgas Yonif 713/ST berinisiatif mengadakan perlombaan bagi masyarakat Kampung Mosso, guna memeriahkan dan memupuk rasa kebersamaan dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan ke-74 TH RI,” tutur Dansatgas Pamtas Yonif 713/ST saat menyaksikan langsung perlombaan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya Satgas guna untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat serta mempererat tali silaturahmi, khususnya dengan masyarakat yang ada di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami.

Lebih lanjut dikatakan Letkol Inf Dony Gredinand, kegiatan lomba ini, dikoordinir oleh Letda Inf Choirul Fajrin Komandan Pos (Danpos) Mosso bersama dengan anggota pos.

Dansatgas sangat apresiasi keantusiasme dan keceriaan yang terpancar terlihat dari wajah masyarakat Kampung Mosso, walaupun dibawah cuaca yang cukup terik matahari, namun tidak dijadikan penghalang bagi mereka untuk mengikutinya.

Dalam kesempatan yang sama, Danpos Mosso Letda Inf Choirul Fajrin menambahkan bahwa pihaknya satgas ingin membangun ikatan yang erat dengan masyarakat Kampung Mosso yang cukup jauh dari keramaian dan sangat jarang ada kegiatan yang bersifat membangun kebersamaan.

Sementara itu, seluruh warga mengucapkan terima kasih banyak kepada personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST yang telah mengadakan perlombaan di kampung kami.

“Kegiatan ini sangat jarang dilakukan di sini dan baru kali ini berlangsung sangat meriah dan sangat menghibur,” kata salah satu warga.

Dalam acara tersebut juga hadir, Lettu Inf Aji Satrio Utomo ( Pasi Ops Satgas Yonif 713/ST ), Letda Inf Suleman Nsalah ( Pasiter Satgas Yonif 713/ST ), Letda Arm Jackson Siallagan ( Pabintal Satgas Yonif 713/ST ), Letda Inf Chairul Fajrin ( Danpos Mosso Satgas Yonif 713/ST ), Para Anggota Satgas Pos Mosso dan Pos Kotis Skouw Yonif 713/ST, Ketua Suria Jaya Group, dan masyrakat Kampung Mosso.(maliki)