UNJ Dongkrak Potensi Seni Budaya Pulau Tidung

oleh -

JAKARTA –  Dosen dan mahasiswa dari program studi Perjalanan wisata, Pendidikan Anak Usia Dini dan Seni Tari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan implementasi Tri Dharma perguruan tinggi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pulau Tidung,  Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Kegiatan pengabdian ke masyarakat yang bertemakan pengembangan potensi daya tarik wisata dengan melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat akan potensi seni budaya masyarakat ini digelar pada 1 sampai 11 Oktober 2019.

Tujuan pelatihan yang diberikan kepada sanggar tari dan siswa SMP dan SMA yang ada di Pulau tidung tersebut dilakukan selain untuk menumbuhkan dan melestarikan kesenian yang ada di masyarakat sekaligus juga untuk mengeksplorasi potensi seni budaya masyarakat sebagai atraksi wisata, guna melengkapi daya tarik wisata bahari yang selama ini menjadi andalan wisata Pulau Tidung.

Koordinator kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Rahmat Darmawan MM.Par mengatakan dipilihnya Pulau Tidung sebagai lokasi pelaksanakaan dikarenakan Pulau Tidung memiliki potensi dan banyak dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur.

” Selain itu belum optimalnya potensi terutama seni budaya yang bisa membangkitkan ragam segmen wisata khususnya wisata edukasi bahari dimana di dalamnya terdiri dari aspek budaya bahari, ekowisata bahari dan lain-lain, dan diharapkan melalui program pengabdian ini ada pengembangan khususnya SDM para pelaku usaha wisata yang lebih profesional” lanjut  Rahmat Darmawan.

Dalam kesempatan yang sama, pelatih tari dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Alvi Dwi Rosiyani menerangkan dalam kegiatan PKM ini peserta diberikan pelatihan tari yang merupakan pengembangan dari hasil koreografi tim seni tari Universitas Negeri Jakarta sebelumnya yang dinamakan tari gebrak tidung, Tari Ngongko Pulo, Tari Mamat ANak Betawi, dan Tari Ondel-ondel.
Ditambahkan Alvi para peserta pelatihan tari terlihat sangat antusias dan memiliki minat yang besar.

 

Sebagai informasi, salah satu bentuk dari aktifitas Tri Dharma di lingkungan perguruan tinggi adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial insan akademis.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan penekanan kepada pelatihan secara teoritis dan praktis mengenai seni tari sebagai daya tarik wisata Pulau Tidung. Sebanyak 27 pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Kelurahan Pulau Tidung mengikuti pelatihan seni tari yang dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA Tidung Ceria). (Luska)