Tim Dayung Yonmarhanlan Lakukan Try Out di Sungai Kapuas

oleh -

PONTIANAK,channel-indonesia.com– Tim Dayung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII melakukan  try out di aliran Sungai Kapuas Kec. Mempawah Timur Kab. Mempawah dalam  untuk persiapan lomba pembinaan satuan (Binsat) Korp Marinir th 2019. Jum’at (11/10/2019).

Pada tahap uji coba kali ini tim dayung Yonmarhanlan XII sengaja mengambil tempat di air tawar. Aliran sungai Kapuas di samping melatih kemampuan fisik, jiwa korsa antar atlit, menumbuhkan mental bertanding juga untuk mengetahui bahwasannya sungai Kapuas yang mebentang dari bibir pantai selat Karimata hingga Putusibau yang merupakan titik perbatasan dengan Kalimantan Utara menyimpan sejuta misteri dan sejarah yang patut di ketahui.

Selain itu ekosistim yang hidup di sungai kapuas dengan beragam jenis dan ukurannya cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan perekonomian bagi warga di seputaran aliran sungai tersebut.

Di samping itu aliran sungai kapuas mampu memberikan alternatif lahan pemasukan bagi warga sekitar disamping sebagai sarana transportasi juga mampu mempu menyedot wisatawan lokal untuk menikmati pemandangan di sepanjang aliran sungai kapuas.

Tantangan yang di hadapi bagi pendayung saat try out di sungai Kapuas adalah arah/laju perahu karet melawan arus sungai yang cukup deras, disamping itu melatih tekong/pengemudi untuk lebih mahir dalam mengendalikan gerakan perahunya.

Tantangan berikutnya mengingat media adalah air tawar tentunya terasa berat bila di bandingkan dengan air laut karena unsur garam dan daya gravitasi bumi.

Titik start mengambil tempat dermaga Pelabuhan Pelelangan Ikan Desa Wan Salim Pasir Kec. Mempawah Timur dan finis di Taman Bestari Desa Terusan Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar.

Adapun teory yang di praktekkan kali ini meliputi : dayung maju, dayung mundur, belok kanan, dayung balik, tarik kiri, tarik kanan, dayung kanan mundur, dayung kiri mundur, dayung geser kanan, dayung geser kiri, pendayung pindah tempat.(Dispen Kormar/munir)