BJ Habibie Wafat, Dimakamkan Berdampingan Dengan Istrinya

oleh -144 views
Prof. BJ Habibi. (Ist)

JAKARTA,channel-indonesia.com– Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) itu meninggal di RSPAD Gatot Soebroto setelah sempat menjalani perawatan intensif sejak 1 September.

Menurut putera kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal pukul 18.05 WIB akibat menurunnya kesehatan jantung. Thareq, dalam kesempatan ini juga mengapresiasi kinerja tim dokter.

“Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB, Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak   ” ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Presiden Joko Widodo datang ke RSPAD Gatot Soebroto untuk menyampaikan duka mendalam kepadanya. Ucapan turut berduka dari Jokowi ini sekaligus mewakili pemerintah.

Presiden Jokowi mendatangi RSPAD Sesaat setelah mendapat kabar meninggalnya BJ Habibie. (Channel-Indonesia.com/Maliki)

“Atas nama pemerintah, menyampaikan duka mendalam atas berpulang ke rahmatullah BJ Habibie tadi jam 18.05 WIB,” kata Jokowi, di RSPAD.

Jokowi mengenang Habibie bukan hanya sebagai presiden RI ketiga, tapi sebagai bapak teknologi di Indonesia bahkan dunia.

Selama menjabat sebagai presiden, Jokowi kerap berkonsultasi ke Habibie tentang berbagai macam persoalan negara. Habibie menurut Jokowi selalu memberikan solusi untuk bangsa.

Sementara itu, Mensesneg Pratikno mengatakan, Habibie akan dimakamkan di slot nomor 120-121 Taman Makan Pahlawan Kalibata, tepat di samping istrinya, Hasri Ainun Besari. Pemakaman ini akan dipimpin Presiden Jokowi.

Selain itu, Pratikno mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga Sabtu 14 September sebagai ungkapan belasungkawa.(Maliki)