Bupati Kobar : TMMD Bentuk Keterpanggilan TNI Percepat Pembangunan Nasional

oleh -28 views

KOTAWARINGIN BARAT – Kodim 1014/Pangkalan Bun melaksanakan upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahap II tahun 2019 di Lapangan SLTPN 1 Arut, Jalan Ejejuno, Kel. Pangkut, Kec. Arut Utara, Kab. Kotawaringin Barat. Pembukaan TMMD itu ditandai dengan laporan resmi TMMD ke-105, serta penyematan tanda peserta TMMD dan penyerahan alat kerja TMMD secara simbolis, berupa cangkul dan sekop.

Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, SH.,MH., dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah Kotawaringin Barat sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada Dandim 1014/Pbn beserta segenap prajurit TNI atas terlaksana kegiatan TMMD di Kelurahan Pangkut. Semoga melalui kegiatan peran serta TNI, di dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI dapat semakin kuat.

Ia mengatakan, melihat dari tujuan kegiatannya, TMMD sejatinya bukan program TNI semata, melainkan merupakan program terpadu lintas sektoral. TMMD sesungguhnya merupakan program bersama antara TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintahan, Pemda dan komponen lainnya yang dilaksanakan bersama rakyat.

Lanjutnya, sebagaimana amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pada rapat paripurna kegiatan TMMD, menyampaikan bahwa kegiatan TMMD yang dilaksanakan sejak tahun 1980, merupakan bentuk keterpanggilan dan partisipasi TNI dalam mendukung percepatan pembangunan Nasional sampai ke seluruh wilayah NKRI. Khususnya TMMD di arahkan ke daerah yang membutuhkan seperti daerah terpencil, tertinggal, daerah yang terkena bencana dan sebagainya.

“Melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa di Kelurahan Pangkut ini dan secara khusus saya meminta kepada warga, agar turut berpartisipasi aktif, tunjukkan semangat gotong royong,” tandasnya.

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan kegiatan Golden Period dan peninjauan Sasaran TMMD, diakhiri dengan paparan terkait program TMMD .

Adapun pasukan upacara yang terlibat, 1 SST Kodim 1014/PBN, 1 SST Kompi B Raider/Antang, 1 SST Lanud Iskandar, 1 SST Polres Kobar, Anggota Pos AL Kumai, Anggota Satpol PP, Anggota Security perusahaan dan Ormas serta Para Pelajar. Juga turut hadir, Ketua DPRD Kobar, Dandim 1014/Pbn, Danlanud Iskandar, Kapolres Kobar, Wakil Bupati, Sekda Kobar, Danpos AL Kumai, Para Kadis Kobar dan perwakilan Bank BRI serta perwakilan Nestle.(maliki)