Tingkatkan SDM, Satgas Yonif 133 Buka Kelas Malam di Perbatasan

oleh -

KAPUAS HULU,channel-indonesia.com- Melalui gerakan TNI AD Mengajar, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti menyelenggarakan kelas malam bagi siswa-siswi Sekolah Dasar dari kelas satu sampai empat di Desa Jasa, Kec. Ketungau Hulu, Kab. Sintang, Kalimantan Barat, kemarin.

Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia yang unggul di perbatasan. Peningkatan sumber daya manusia merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., di Pos Kotis Nanga Badau, Kapuas Hulu.

Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., mengatakan kegiatan kelas malam yang dilakukan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf pendidikan terhadap anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar. TNI AD bersama Kementerian Pendidikan telah melaksanakan perjanjian kerjasama MoU (Memorandum of Understanding), yang salah satunya memberikan kegiatan belajar mengajar di wilayah perbatasan,” jelas Dansatgas.

“Ini juga merupakan upaya untuk membantu mengatasi kurangnya tenaga guru di wilayah perbatasan,” kata Dansatgas.

Diungkapkan juga, sebelum berangkat para personel yang sudah disiapkan sebagai tenaga pendidik telah dibekali bimbingan teknis mengajar bagi anak SD hingga SMP, sehingga dapat diaplikasikan di medan tugas yang sebenarnya, yaitu di wilayah perbatasan RI-Malaysia,” pungkasnya. (Maliki)