Hari Ini Puan Resmi Jadi Ketua DPR, Ketua MPR akan Dilantik Kamis (3/10)

oleh -51 views
Presiden RI hadiri pelantikan Ketua dan anggota DPR RI.

JAKARTA,channel-indonesia.comРPuan Maharani resmi dilantik menjadi Ketua DPR periode  2019-2024, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, sejumlah wakil Ketua DPR juga turut dilantik yaitu Wakil Ketua DPR yaitu Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Rahmat Gobel dari Fraksi Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Dalam pidato pertamanya sebagai Ketua DPR, Puan menerangkan dinamika dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR harus berlandaskan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Walaupun fungsi-fungsi di DPR akan berjalan secara dinamis, namun hal itu tidak boleh membuat kita menjadi terpecah belah dan kontraproduktif.

“Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia,” kata wanita pertama yang duduk di kursi Ketua DPR RI ini.

Pada kesempatan ini, lanjut Politikus besutan PDIP ini, kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat, termasuk para pengamat dan kalangan media massa.

“Kita tidak antikritik, tetapi diharapkan masyarakat tidak mudah terjebak pada penilaian yang bersifat apriori terhadap pelaksanaan tugas-tugas DPR dan dapat bersikap objektif dalam menilai kinerja kita semua,” sebut Puan.

Dikatakan Puan, DPR adalah lembaga yang merupakan representasi rakyat sehingga gedung DPR adalah rumah rakyat. Oleh karena itu, kita akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan yang kita terima dari masyarakat.

Dalam hari yang sama, pagi harinya telah dilantik sebanyak 711 anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR) periode 2019-2024 resmi dilantik dalam Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan dalam Sidang Paripurna dipimpin oleh anggota DPD tertua Sabam Sirait.

Anggota MPR yang dilantik terdiri dari 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden oleh Sekjen DPD Ma’ruf Cahyono. Pelantikan anggota MPR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024 Ma’ruf Amin.

Selain itu, dihadiri pula Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Direncanakan pemilihan pimpinan MPR RI akan dilaksanakan pada Kamis (3/10). (maliki)